Home » » Pengertian SC Pada Kamera DSLR

Pengertian SC Pada Kamera DSLR

Advertisement
Informasi kamera digital - mungkin kalian pernah melihat di forum atau toko online yang menjual kamera digital SLR atau DSLR yang disana disebutkan beberapa spesifikasi barang / kamera bekas yang mereka jual dengan menyebutkan SC nya, misalnya SC 3000, SC 21.000, atau SC 41 ribu. Nah penasaran dengan istilah SC diatas ? maka dari itu dalam pertemuan ini akan kami jelaskan mengenai apa arti SC di kamera DSLR.


Apa itu SC (Shutter Count) ?

SC adalah kependekan dari Shutter Count yaitu seberapa banyak jumlah tombol shutter atau tombol kamera ditekan, atau lebih gampangnya adalah seberapa banyak anda pernah mengambil gambar dengan kamera tersebut. Dan banyak sedikitnya jumlah SC atau Shutter Count ini dapat mengindikasikan seberapa sering kamera tersebut digunakan / dipakai. Dan SC ini biasanya digunakan sebagai patokan atau indikator seorang calon pembeli yang ingin membeli kamera DSLR bekas. Istilah lain dari SC ini di beberapa toko jual beli seperti ebay disebut dengan sebutan ACTUATIONS. Tiap kamera DSLR memiliki batasan dari SC tersebut, dan jika telah mencapai batasannya maka kamera tersebut tidak dapat digunakan lagi alias mati dan harus dilakukan penggantian SC yang baru. Misalnya saja batasan untuk kamera nikon D90 adalah 70.000, maka pada jepretan ke 70.000 tersebut kamera telah mencapai batasan pakainya.

nikon d810

Namun demikian banyak dilapangan kamera yang bahkan telah melebihi batasan SC nya ternyata masih bisa dipakai. Jadi jangan takut jika SC sudah tinggi tidak bisa dipakai lagi ya :), kalian bisa mengganti SC tersebut dengan biaya antara 800 ribu sampai 1.5 jutaan saja kok.



Cara mengecek atau mengetahui jumlah SC pada kamera DSLR

Untuk mengecek seberapa tinggi nilah shutter count suatu kamera bisa dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini yang diantaranya adalah :

#1. Mengecek SC kamera DSLR secara online

Cara pertama untuk mengetahui jumlah Shutter Count kamera adalah dengan mengeceknya melalui situs online di internet dengan memasukkan gambar atau hasil jepretan foto terakhir di internet ini. Biasanya informasi mengenai SC juga dimuat didalam file foto yang anda unggah, dan situs online shutter count online ini akan mengambil data rahasia tersebut dan menunjukkannya kepada anda. salah satu website yang menyediakan jasa untuk mengetahui shutter count adalah https://nikonshuttercount.com/ dan https://www.camerashuttercount.com/

Mengecek SC kamera DSLR secara online

#2. Menggunakan software aplikasi penghitung shutter count

Anda juga bisa mengetahui berapa nilau shutter count kamera anda menggunakan software bernama EXIF Viewer. Silahkan anda mendownload terlebih dahulu aplikasinya di situs resminya di https://www.opanda.com/en/iexif/ kemudian install dan jalankan.
Setelah aplikasi terinstall di komputer, selanjutnya silahkan anda pindahkan file foto hasil jepretan terakhir dari kamera DSLR anda kedalam komputer dan buka menggunakan aplikasi ini. Nanti anda akan mengetahui berbagai informasi mengenai foto tersebut beserta Sutter Count keberapa foto itu diambil.

cara cek shutter count kamera


Berapa batas SC tiap jenis kamera digital DSLR ?

Untuk tiap tiap SC dari model kamera berbeda beda, untuk melihat seberapa batasan SC kamera tersebut bisa anda lihat di situs resmi dari produsen kamera tersebut. Bila kamera telah mencapai batasan yang telah ditetapkan oleh manufaktur berarti sudah waktunya untuk melakukan penggantian SC yang baru walaupun masih dapat digunakan untuk mengambil gambar.

gambar shutter count
Gambar suku cadang shutter count

Bila anda tidak mau repot untuk melakukan penggantian bilamana SC sudah sampai ambang batasnya, ya jangan diaktifkan :).Nah sampai disini dulu pertemuan kita mengenai istilah istilah yang ada didalam kamera, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan :).